Rabu, 07 Maret 2012

10 Bangunan Paling Menakjubkan di Dunia


Rumah Kubik, Rotterdam, Belanda

bangunan menakjubkan
Piet Blom mempunyai ide rumah kubik di tahun 1970. Beberapa dari rumah tersebut dibangun di Helmond dan ketika kota Rotterdam memintanya untuk membangun perumahan di atas sebuah jembatan penyeberangan, ia memilih konsep ini.

Gedung Berdansa, Prague, Republik Ceko

menakjubkan
‘Gedung Berdansa’ adalah julukan yang diberikan kepada bangunan Nationale-Nederlanden yang terletak di pusat kota Praha. Dirancang oleh arsitek Ceko Kroasia – Vlado Milunić bekerjasama dengan arsitek Kanada – Frank Gehry. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1996 dan merupakan pengganti salah satu bangunan yang mirip yang hancur selama Pemboman Praha pada tahun 1945.

Rumah UFO, Sanjhih, Taiwan

menakjubkan
Rumah UFO di Sanjhih, Taiwan sebenarnya merupakan proyek tempat peristirahatan di sebuah wilayah yang sepi di Taiwan. Mendapat julukan ini karena desain futuristiknya yang aneh.

Perpustakaan Umum Kota Kansas, Missouri, Amerika Serikat

bangunan menakjubkan
Sebagai perangsang orang-orang untuk mengunjungi perpustakaan, desain perpustakaan yang terletak di pusat kota Kansas tersebut dibuat dalam bentuk buku. Perpustakaan ini akhirnya menjadi simbol kota Kansas.

Istana Ferdinand Cheval a.k.a Istana Ideal, Perancis

bangunan dunia
Istana Ferdinand Cheval dibangun oleh seorang tukang pos di Hauterives, Perancis, yang dimaksudkan untuk menggunakannya sebagai kuburannya sendiri kelak, namun ia belum mendapatkan ijin untuk itu. Istana Ideal-nya kini dikenal di seluruh dunia.

Bangunan Forest Spiral Hundertwasser, Darmstadt, Jerman

menakjubkan di dunia
Forest Spiral Hundertwasser dibangun pada tahun 2000. Dirancang oleh arsitek dan pelukis Austria bernama Friedensreich Hundertwasser. Bangunan ini memiliki 105 apartemen, fitur warna-warni serta desain yang organik.

Museum Guggenheim, Bilbao, Spain

menakjubkan
Museum Guggenheim yang sarat unsur seni modern dan kontemporer dirancang oleh arsitek Amerika-Kanada, Frank Gehry. Bangunan ini menyerupai kapal dengan desain yang acak, yang menurut arsiteknya berfungsi untuk menangkap cahaya.

Rumah Ibadah Bahá’í a.k.a Kuil Lotus, Delhi, India

bangunan dunia
Rumah Ibadah Baha’i yang lebih dikenal dengan Kuil Lotus dibangun pada tahun 1986 dan merupakan Kuil utama di sub-benua India. Kuil ini terbuka untuk orang-orang dari semua agama.

Bangunan Ripley, Niagara Falls, Ontario, Kanada

menakjubkan
Bangunan ini dikenal karena koleksinya untuk hal-hal yang aneh dan benda-benda Ripley’s Believe It or Not!

The Crooked House, Sopot, Polandia

menakjubkan di dunia
Dimulai dan selesai pada tahun yang sama 2003, The Crooked House didesain oleh seniman Polandia dan ilustrator buku anak, Jan Marcin Szancer’s dan pelukis Swedia, Per Dahlberg’s.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar